1. Menentukan
tujuan dan manfaat mempelajari SKI
Pada
dasarnya, mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam bertujuan untuk mempelajari
berbagai masalah kehidupan umat Islam termasuk di dalamnya sejarah kehidupan
para pemimpin Islam.
Maju mundurnya
suatu kebudayaan juga menunjukkan perkembangan kehidupan manusia.
2. contoh
bentuk / wujud kebudayaan Islam
Di dalam
Islam , sumber hukum utama adalah Al Qur’an dan Hadist.
Hukum
Islam sangat menghargai hak-hak azazi manusia. Di dalamnya tidak ada perbedaan
status, kecuali tingkat keimanan dan ketakwaan seseorang.
Islam juga
mengajarkan bagaimana tatacara bergaul yang baik, tatacara berpakaian, tata cara bermasyarakat
dan semua jenis pergaulan dalam masyarakat yang sesuai dengan tuntunan agama.
3.Menjelaskan misi Nabi
Muhammad sebagai rahmat bagi alam semesta
• Dalam menyampaikan dakwahnya baik secara
sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan semua atas perintah Allah.
• Sebelum memulai dakwahnya Nabi Muhammad sudah dikenal sebagai orang
yg terpuji dan dapat dipercaya , sehingga dijuluki Al Amin. Beliau mempunyai
sifat Sidik ( Benar ),Amanah ( dapat dipercaya ), Fatonah ( Cerdas ), dan
Tabligh ( berani menyampaikan ).Sifat ini membentuk nabi menjadi manusia yang
sempurna , mampu bertahan dalam kesulitan dan menjadi teladan bagi semua orang.
4.Menentukan ibrah dari misi nabi
Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta
• Misi dakwah Nabi Muhammad mengubah keadaan masyarakat jahiliyah
menjadi masyarakat yang sejahtera berdasarkan agama tauhid yang mengajak
manusia hanya menyembah Allah, meninggalkan penyembahan berhala, beriman kepada hari akhir ( Misi Agama ) dan
persamaan hak ( Misi Perdamaian ), Islam tidak membedakan manusia dari kekayaan dan status social.
• Islam adalah Rahmatan Lil alamin , rahmat bagi alam semesta,
bagi semua manusia dan lingkungan sekitarnya. Manusia tidak boleh berlaku
semena-mena terhadap manusia lainnya, tidak boleh merusak lingkungan sehingga
dimanapun orang Islam berada akan membuat kedamaian disekitarnya.
5. Menentukan contoh keteladanan dari perjuangan Nabi
Muhammad dalam menghadapi masyarakat Makkah
• Sikap yang menjadi suri tauladan perjuangan Nabi Muhammad bagi umat
Islam :
Memiliki dan meniru sifat shidiq, amanah, Tabligh dan fatonah dari Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari.
Memiliki dan meniru sifat shidiq, amanah, Tabligh dan fatonah dari Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari.
• 2. Sabar dalam menghadapi
cobaan serta berhati lapang saat
menerima ejekan dari kaum quraisy.
• 3.Konsisten dalam
perjuangan walaupun banyak menghadapi rintangan
• 4.Menggunakan metode yang
tepat dalam berdakwah
1. Memiliki dan meniru sifat shidiq, amanah,
Tabligh dan fatonah dari Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari.
2. Sabar dalam menghadapi cobaan serta berhati lapang saat menerima ejekan dari
kaum quraisy.
3.Konsisten dalam perjuangan walaupun banyak
menghadapi rintangan
4.Menggunakan metode yang tepat dalam berdakwah
6.Menentukan contoh Perjuangan para sahabat dalam
menghadapi masyarakat Makkah.
• Bilal bin rabbah budak dari Umayah, karena masuk
Islam disiksa tuannya, lalu dibebaskan oleh Abu Bakar. Yasir , Sumayyah dan
Amar meninggal karena disiksa tuannya. Mus’ab bin Umair kalangan terpandang
Quraisy dipenjarakan oleh ibu dan keluarganya karena masuk Islam.
• Walaupun banyak sahabat nabi disiksa oleh suku
quraisy , hal itu tidak membuat orang Islam meninggalkan agamanya, justru
keyakinanya dan kegigihannya semakin kuat dalam mempertahankan aqidah Islam.
7. Menentukan respon masyarakat Madinah dengan
datangnya nabi dan para sahabatnya
• Kedatangan Nabi dan para pengikutnya di sambut
dengan gembira oleh masyarakat Yasrib. Mereka menyambut dengan syair karena
kegembiraannya.
• Setelah nabi hijrah ke Madinah , umat Islam makin
lama makin banyak, baik yang berasal dari Makkah maupun Madinah. Nabi
mempersaudarakan kaum Muhajirin dg kaum Anshor. Kaum Anshor mengangkat saudara
Muhajirin, mereka membagi harta dan usahanya .
8. Menentukan keberhasilan nabi dalam membangun
perekonomian
• Sebagai pusat kegiatan Nabi membangun Masjid .
Mereka datang ke masjid untuk melakukan shalat bersama dan mendengarkan
pengajaran Islam dari nabi.
• Makin lama
makin banyak yang datang ke masjid,
sehingga masjid menjadi ramai,
maka dibangunlah jalan menuju masjid. Mereka membangun pemukiman, jembatan,
memperluas lahan pertanian dan sarana-sarana umum yang diperlukan. Dari sini
mulai tumbuh kegiatan ekonomi ( prioritas utama dakwah nabi di Madinah) dan
perdagangan ( muncul pasar dan Rasulullah menetapkan dasar ekonomi Islam ).
Abdurrahman bin Auf salah seorang yang menjadi pedagang, Umar bin Khattab dan
Ali bin Abi Thalib lebih senang menjadi
petani.
• Penduduk luar madinah yang datang untuk berdagang
atau untuk kepentingan lain membuat madinah menjadi kota yang ramai, hal inilah
yang menimbulkan rasa tidak suka bagi Yahudi dan Nasrani. Rasulullah
selanjutnya membuat perjanjian ( Piagam
madinah )
9. Menentukan
ibrah dari misi nabi Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan
berwirausaha
• Dalam bidang perdagangan nabi mendirikan
pasar-pasar sekaligus membuat aturan dasar perekonomian Islam.
• Dalam bidang pertanian nabi membuka lahan-lahan
pertanian yang dilengkapi dengan irigasi sekaligus jembatan-jembatan untuk
menghubungkan antara satu wilayah dengan yang lainnya.
10. Menentukan
contoh cara berwirausaha yang sesuai dengan yang dilakukan Nabi
Hidup
secara mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.
Menciptakan
lapangan pekerjaan sendiri
11.Menunjukkan
contoh sikap Nabi yang tidak memihak Madinah
• Saat nabi hijrah ke madinah semua penduduk
menginginkan agar nabi singgah di rumahnya, mereka berebut memegang tali unta nabi, tapi nabi membiarkan
untanya hingga berhenti di sebidang tanah milik 2 orang anak yatim dari Bani
najjar di dekat rumah Ayub .
• Nabi kemudian tinggal di rumah Ayub dan membangun
masjid nabawi di tanah anak yatim tersebut.
Nabi membangun rumah
sederhana dekat masjid nabawi, nabi pindah ke rumah tersebut setelah sebelumnya
menginap di rumah Ayub selama 7 bulan
12. Menentukan
Prestasi yang dicapai oleh Khulafaur Rosyidin
Prestasi Abu Bakar :
a.
Memerangi kaum Murtad, orang yang tidak mau membayar zakat dan memerangi
nabi palsu.
b.
Kodifikasi Alqur’an
c.
Perluasan wilayah Islam
Dari
Prestasi yang dicapai diatas dapat dilihat betapa besar semangat Abu Bakar dalam berdakwah untuk
menegakkan Islam
Prestasi Umar Bin Khottob :
a.
Perluasan Wilayah
b.
Menata Administrasi ( Dewan Perang ) dan keuangan
pemerintahan ( baitul Mal ).
c.
Penetapan kalender hijriyah
Prestasi Usman Bin Affan
a.
Kodifikasi Mushaf Al Qur’an ( upaya menyamakan tentang tata cara baca Al Qur’an )
b.
Renovasi Masjid Nabawi
c.
Pembentukan angkatan laut
d.
Perluasan wilayah
Prestasi Ali Bin Abi Tholib :
a.
Mengganti pejabat yg kurang cakap
b.
Membenahi keuangan negara ( baitul Mal )
C.
Memajukan Bidang Ilmu Bahasa
d. Bidang
pembangunan
Membangun
kota Kufah sbg pusat ilmu tafsir, hadis, nahwu dan ilmu pengetahuan lainnya.
13.Menentukan
ibrah yang dapat dipetik dari khulafaur rosyidin
14. Menentukan
gaya kepemimpinan yang dapat diteladani dari khulafaur rosyidin
- Khalifah Abu Bakar : Mempunyai karakter lembut dan tegas. Dlm suasana negara yg kacau pemimpin yg berkarakter sangat dibutuhkan, dlm kelembutannya dpt menginsafkan org yg terbujuk berbuat mungkar, org yg bersikap merongrong dihadapi dg tegas.Dalam kepemimpinanya yang diutamakan bukan jabatan tapi dakwah islam ( zuhud )
- Khalifah Umar : situasi negara lebih aman, dlm kondisi itu perlu pemimpin seperti umar yaitu cerdas, tegas dan mengutamakan kepentingan rakyatnya, kecerdasannya sangat diperlukan unt membangun dasar kemasyarakatan yg Islami.
- Khalifah Usman: situasi negara benar-benar aman, kemakmuran sdh tercapai, karakter sprt Usman yg saleh, penyantun dan sabar sangat diperlukan , shg kemakmuran rakyat dpt tercapai.
- Khalifah Ali : Kekacauan kembali terjadi. Karakter pemimpin yg tegas dan mengutamakan kebenaran sangat diperlukan, ketegasannya mirip dg khalifah Umar.
15. Menunjukkan
proses berdirinya daulah bani umayah
Setelah
Ali Bin Abi Tholib meninggal , kaum Syi’ah mengangkat Hasan bin Ali menjadi
khalifah, ternyata kondisi Islam tidak membaik. Maka dilakukan Tahkim antara
Muawiyah bin Abi Sufyan dengan Hasan bin ali. Tahkim itu dikenal dengan AMUL
JAMAAH atau tahun penyatuan
Dalam
tahkim ini Hasan bin Ali mau menyerahkan kekhalifahan kepada Muawiyah bin Abi
Sufyan dengan syarat setelah kekhalifahan Muawiyah berakhir penggantinya harus
dipilih oleh umat Islam.
Muawiyah menyetujui persyaratan tersebut maka Hasan menyerahkan kekhalifahan pada
Muawiyah
16. Menentukan
perkembangan kebudayaan / peradaban Islam bidang IPOLEKSOSBUD pada masa
penguasa dinasti bani Umaiyah yang terkenal
Pada
masa Dinasti Umayah muncul sastrawan / ahli bahasa yang terkenal yaitu :
- Jarir ( wafat th 792 M )
- Qays bin Mulawwah
- Umar bin Abi Rabi’ah
• Pd masa Dinasti Umayah dibentuk 5 lembaga
pemerintahan,dibentuk Dewan Sekretaris Negara yg bertugas mengurusi berbagai
urusan pemerintahan.
• Dalam
bidang sosial budaya
17. Menentukan
ibrah dari perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada penguasa dinasti Bani
Umaiyah yang terkenal
• Bukti-bukti
peninggalan bersejarah dari masa Dinasti Umayah menunjukkan bahwa pada masa itu
umat Islam sudah mencapai tingkat peradaban yang tinggi. Hal itu menjadi cikal
bakal perkembangan ilmu pengetahuan yang ada pada saat itu.
• Oleh
karena itu , umat Islam selayaknya berusaha keras , pantang menyerah dan tidak
putus asa untuk mencapai kesuksesan dan
untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sehingga Islam mencapai kejayaan.
18. Menentukan
keterkaitan berpola hidup sederhana dengan keberhasilan pemimpin
Pd saat
menjadi gubernur Umar bin Abdul Aziz dikenal sbg gubernur yg adil, bijaksana,
mengutamakan dan memperhati kan kepentingan rakyat, serta mau mendiskusikan
berbagai masalah penting yg berkaitan dg agama, urusan rakyat dan pemerintahan.
Pd saat
menjadi khalifah, Umar meninggalkan cara hidup bermewah-mewahan dan menjadi
seorg yg zuhud, ia selalu melakukan cara hidup yg ketat atas diri dan
keluarganya.
Dalam
melaksanakan kebijaksanaannya , ia tdk memanfaatkan kebijaksanaan itu untuk
memperkaya diri, ia menerapkan pola hidup sederhana, ia tidak mau memakai harta
negara untuk kepentingan pribadi serta tidak ambisi terhadap kekuasaan.
19.Menentukan
berdirinya Dinasti Abbasiyah
20. Menentukan
tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan / peradaban Islam bidang ilmu
agama pada masa Bani Abbasiyah
• Tokoh
ilmu hadis :
- Imam Bukhori
- Imam Muslim
- Abu Dawud
- At Tirmizi
- An Nasa’i
- Ibnu Majah
21. Menentukan
tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan / peradaban Islam bidang ilmu
umum pada masa Bani Abbasiyah
• Tokoh-tokoh
ilmuwan dalam bidang ilmu umum :
- Ar Razi , seorang dokter dan filsuf yang karyanya mencapai 232 buku atau risalah yang kebanyakan dalam bidang kedokteran.
- Al Kindi, seorang filsuf besar pertama yang karyanya berjumlah 270 buah
- Al Farabi, ia menguasai hampir 70 bahasa dan mampu menguasai berbagai cabang keilmuan.
- Ibnu Sina
- Ibnu Maskawaih
- Al Ghozali
22. Menentukan
ibrah dari perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa kepemimpinan Abu
Ja,far Al Mansur
23.Menentukan
keterkaitan perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa kepemimpinan
Abu Abbas As Saffah dengan sekarang
24. Menentukan
keterkaitan perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa kepemimpinan
Harun Al Rasyid dengan sekarang
25. Menentukan
keterkaitan perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa kepemimpinan
Abdullah Al Makmun dengan sekarang
26.Menentukan
contoh ketekunan dan kegigihan penguasaan dinasti Bani Abbasiyah
27.Menentukan
silsilah Shalahudin Al Ayyubi
• Bani
Ayyubiyah merupakan keturunan Ayyub, seorang keturunan suku Kurdi dari
Azerbaijan.
• Pendiri
dinasti ini adalah Salahudin Al Ayyubi putra dari Najmudin Al Ayyubi.
28. Menentukan
pendiri Dinasti Al Ayyubiyah
29. Menunjukkan
perkembangan kebudayaan / peradaban Islam bidang sosial budaya pada masa
Shalahudin Al Ayyubi
• Usaha
yang dilakukan Salahudin Al ayyubi pada masa pemerintahannya :
- Mengganti pegawai pemerintah yang melakukan korupsi.
- Mendirikan madrasah-madrasah yang bermazhab syafi’i dan maliki.
- Memecat pegawai yang bersekongkol dengan penjahat dan perampok.
30. Menunjukkan
perkembangan kebudayaan / peradaban Islam bidang keagamaan pada masa Shalahudin
Al Ayyubi
31. Menentukan
tokoh ilmuwan muslim bidang hadist dan peranannya dalam kemajuan kebudayaan /
peradaban Islam pada masa dinasti Al Ayyubiyah
• Tokoh
ilmuwan muslim di bidang hadis pada masa Dinasti Ayyubiyah yaitu : Abu Abdullah
al Quda’i.
• Karya-karya
dari Abu Abdullah al Quda’i :
- Asy Syihab ( bintang )
- Sanadus Sihab ( perawi-perawi hadis Sahih )
- Anba’ Al Anbiya’ ( cerita para nabi )
32. Menentukan
tokoh ilmuwan muslim bidang sejarah dan peranannya dalam kemajuan kebudayaan /
peradaban Islam pada masa dinasti Al Ayyubiyah
33. Menentukan
ibrah dari perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Shalahudin Al
Ayyubi
34. Menentukan
ibrah dari perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Al Kamil
35. Menunjukkan
keterkaitan perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Dinasti Al
Ayyubiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang
• Pada
masa pemerintahan Salahudin terjadi perang salib yaitu perang agama untuk
memperebutkan Baitul Maqdis.
• Hikmah
yang diambil dari usaha keras yang dilakukan Salahudin dalam menghadapi perang
salib ini adalah hendaklah kita berusaha dengan tekad yang kuat dalam
mensyiarkan agama islam agar upaya kristenisasi tidak akan berkembang.
36. Menentukan
contoh sikap keperwiraan Shalahudin Al Ayyubi
• Salahudin
memiliki karakter yg baik , banyak berzikir, konsisten dlm sholat berjamaah,
rajin sholat sunah dan sholat malam, hatinya sangat halus dan khusu’ , banyak
berserah diri kpd Allah.
• Ia org
yg adil, penyayang , pengasih dan menjadi penolong bagi kaum lemah dihadapn yg
kuat, pemurah, berperilaku baik, akhlaknya lembut, suci pendengaran, lisan dan
hati, dan tidak pernah menyakiti orang lain sama sekali.
• Ketika
menguasai Mesir, dunia dan kesenangannya telah lenyap dr pandangan matanya.
Dengan hati yg rendah & syukur kpd Allah ia telah menolak godaan dunia
& segala kesenangan.
• Salahudin
dikenal sebagai penakluk yg paling penyantun dan baik hati dizamannya bahkan
mungkin sepanjang zaman karena selalu memafkan lawan-lawannya.
• Ia
merupakan sosok yg pintar, cerdas. Ia tdk pernah menghargai seseorang karena
status sosial dan hartanya. Ia hanya menghargai orang yang jujur dan bekerja
keras.
37. Menentukan
contoh ketegasan Shalahudin Al Ayyubi dalam menciptakan aparatur pemerintahan
bersih dan berwibawa
• Mengganti
pegawai pemerintah yang melakukan korupsi.
• Memecat
pegawai yang bersekongkol dengan penjahat dan perampok
38. Menentukan
bukti masuknya Islam di Indonesi abad ke 11 – 13
• 1.Catatan perjalanan
Marcopolo ( 1292 m )
• Saat marcopolo melakukan
pelayaran dr Cina kembali ke Eropa, ia singgah di Kerajaan Islam Samudra Pasai
• 2.Berita Ibnu Batutah
• Di Sumatra ditemukan batu
nisan Sultan Malik al-Saleh yang bertulis Ramadhan 676 Hijriah (1297M). Malik al-Saleh adalah pengajar Tasawuf juga Raja di Samudra Pasai
39. Menentukan
proses masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
Para
pedagang muslim mayoritas berasal dari Arab. Ketika melakukan perdagangan, mereka membawa pengaruh Islam terhadap pedagang lainnya.
Saat
mereka tinggal di Indonesia , meraka berinteraksi ,
berasimilasi dan menyebarkan agama islam kepada penduduk pribumi.
40. Menentukan
penyebab berkembangnya Islam di Indonesia
Faktor yang menyebabkan Islam mudah berkembang di
Indonesia :
- Syarat untuk masuk Islam sangat mudah dan sederhana yaitu dengan mengucap kalimah syahadat
- Islam tidak mengajarkan kelas sosial dalam masyarakat
- Islam disebarkan melalui jalan damai, Yaitu karena interaksi sosial perdagangan, dengan sarana kesenian, dan belajar di pesantren.
- Sifat bangsa Indonesia yang ramah dan mudah bergaul dengan bangsa lain
41. Menentukan
sejarah berdirinya kerajaan Samudra Pasai
• Terletak
di pesisir timur laut Aceh. Berdiri abad ke 11 M. Merupakan kerajaan Islam
pertama di Indonesia.
• Penguasa
Samudra Pasai ada dua dinasti yaitu Meurah khair dan Meurah Silu.
42. Menentukan
pendiri kerajaan Demak
• Berdirinya
kerajaan Demak dilatarbelakangi oleh melemahnya pemerintahan Kerajaan
Majapahit.
• Pendiri
kerajaan Demak yaitu Raden Patah
• Pada
masa pemerintahannya agama Islam mengalami perkembangan yang pesat.
43. Menentukan
penguasa kerajaan Islam di Banten yang terkenal
• Raja
yang terkenal di kerajaan Banten yaitu Maulana Hasanudin.
• Pada
masa pemerintahannya penyiaran agama Islam dan hubungan perdagangan berkembang
luas.
44. Menentukan
peran Abdur Rauf Singkili dalam perkembangan Islam di Indonesia
• Abdur
Rauf Singkili merupakan ulama yang produktif.
• Di
samping beliau selalu megajarkan Islam lewat ajaran tasawufnya , beliau juga
memiliki 21 karya tulis terdiri dari kitab tafsir, kitab hadis, kitab fiqih dan
sisanya kitab tasawuf.
45. Menentukan
peran M. Arsyad Al Banjari dalam perkembangan Islam di Indonesia
• Muhammad
Arsyad Al Banjari merupakan ulama besar yang sangat berpengaruh dan berperan
penting dalam sejarah Islam, khususnya di Kalimantan.
• Beliau
juga merupakan ulama yang produktif. Ia menulis kitab agama dan juga pernah
menduduki jabatan mufti di kesultanan banjar.
46. Menunjukkan
keteladanan dari Abdur Rauf Singkili dan
M. Arsyad al Banjari yang ada kesamaan dengan semangat para pelajar
• Kedua
tokoh ini untuk memperdalam ilmu agamanya menuntut ilmu di Arab.
• Mereka
merupakan tokoh terpelajar yang sangat produktif , sehingga berhasil menyusun
buku-buku sebagai literatur dalam bidang agama Islam.
47. Menentukan
tradisi Islam yang berkembang di Jawa
• Tradisi
Islam yang berkembang di Jawa sampai sekarang :
- Wayang : dengan cerita yang terkenal Jamus Kalimasada, Wahyu Tohjali, Wahyu Purboningrat.
- Kasidah
- Hadrah
- Sekaten : yang diadakan setiap bulan maulud di kota Yogyakarta untuk memperingati lahirnya nabi Muhammad SAW.
48. Menentukan
asal tradisi dan contohnya
• Jawa :
Wayang, sekaten
• Melayu :
Mengayun budak, batindik
• Minang :
Menata konde
• Bugis :
Tari pergaulan
• Madura :
Sandur madura
49. Menentukan
kesesuaian antara nama wali songo dengan kesenian dan adat istiadat yang di
buat
• Sunan
Bonang : Musik gamelan
• Sunan
Giri : Gamelan untuk memdidik anak-anak melalui permainan yang berjiwa Islam
• Sunan
Drajat : Menciptakan tembang
• Sunan
Kalijaga : Wayang
• Sunan
Kudus : Gending
50.Menentukan
bentuk apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara
• Tradisi
dan adat istiadat yang beragam yang dimiliki oleh rakyat Indonesia menunjukkan
kekayaan bangsa dalam bidang kebudayaan.