Laman

Rabu, 02 Mei 2012

LAPORAN PENYEPUHAN


PENYEPUHAN LOGAM
1.1
Pengertian (penyepuhan/ electroplating)

           
Proses penyepuhan adalah proses
 ELEKTROSLISIS 
, yaitu proses perubahan Energilistrik menjadi Energi kimia. Proses ini melibatkan Elektroda (logam-logam yangdihubungkan dengan sumber listrik) dan Elektrolit (cairan tempat logam-logam tadidicelupkan)Penyepuhan berguna untuk melapisi logam untuk perhiasan, atau juga untuk  pencegahan karat/korosi, seperti pada pipa atau besi, yang dilapisi oleh campuran besi(Fe) dan Seng (Zn), yang disebut proses galvanisasi. 
Pada penyepuhan, logam yang akan disepuh dijadikan katode,sedangkan logam pennyepuhnya dijadikan anode. Kedua elektrode itudicelupkan dalam larutan garam dari logam penyepuhnya.
Kalau diamati, sebenarnya proses Elektrolisis ini adalah kebalikan dari proses yang terjadi pada baterei atau aki, dimana pada sumber listrik itu terjadi proses perubahan dari energikimia menjadi energi listrik atau yang sering kita sebut selvolta.


















Penyepuhan
·       Alat dan Bahan
DC voltage
Kertas amplas
2 buah kabel
Sikat
Asahan dari baja
Air bersih
Larutan Tembaga Sulfat
Larutan kalium Sianida
Lap
Uang logam 1000an

·        Cara kerja :
Siapkan alat dan
bahan yang akan digunakan
Logam yang akan di sepuh terlebih dahulu dicuci dan disikat dengan saksama unntuk menghilangkan partikel-partikel yang menempel pada logam.
Setelah benar-benar bersih, perhiasan dicelupkan dalam larutan
Untuk melakukan penyepuhan benda di kaitkan dengan kabel tembaga yang dihubungkan pada kutub positif travo, dan logam yang akan disepuh di kaikan pada kabel dan di hubungkan ke kutub negatif travo.
Kemudian nyalakan travo untuk memberi tegangan saat reaksi.


 
2.1 Persiapan

2.2 Cara Kerja
-
 Tembaga dicelupkan/dimasukkan ke dalam air sangkalin untukmembersihkan kotoran,Kemudian dicelupkan ke dalam air bersih.-Tembaga dibersihkan menggunakan buah lerak dengan caradiskat,lalu harus dibilas kembali dengan air bersih.
-
 Tembaga dihubungkan pada kabel positif (katode) , perak murnidihubungkan pada kabel negatif (anode) lalu harus dihubungkandengan baterai sebagai sumber arus atau biasanya kita sebutsetrum.
-
Masukkan/Celupkan katode dan anode ke dalam larutan elektrolitair sepuhan AgNO
3
(perak nitrat). Diamkan sebentar.Kemudiandiangkat.*Catatan : Ulangi proses di atas sekali lagi,kemudian setelahselesai dibilas dengan air bersih. Jangan lupa dikeringkan memakai lap

 


Dari percobaan di atas dapat di ambil kesimpulan dasar dari konsep penyepuhan adalah reaksi elektrolisis
sesuai namanya yang sering juga disebut elektroplating. Yang mana logam pelapis yang mengalami oksidasi akan melepaskan ion yang akan menuju ke katoda yang akan menyebabkan endapan dan akan melapisi logam tersebut.


Larutan yang digunakan harus menggunakan ion yg sama dg pelapisnya
Kalo logam dan tembaga ,

1 komentar: